Home » Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum Prodi Manajemen D3 dikembangkan agar para lulusan memiliki kompetensi yang dapat diaplikasikan pada dunia kerja dan wirausaha. Kurikulum dirancang berdasarkan hasil benchmark kurikulum ke beberapa perguruan tinggi dan analisis kebutuhan dunia kerja melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna lulusan dalam menghadapi MEA. Proses penyusunannya mengacu sepenuhnya pada UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP No 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, SK Mendiknas No.232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa serta SK Mendiknas No.045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Proses Belajar Mengajar sudah diarahkan pada Student Centered Learning dimana mahasiswa didorong untuk aktif berpartisipasi dan belajar mandiri melalui presentasi, kerjasama tim, dan mencari lebih banyak tambahan materi pembelajaran. Saat ini Program Studi Manajemen D3 menjalankan kurikulum berbasis KKNI dengan jumlah sks yang harus ditempuh sebanyak 114 sks. Adapun evaluasi kurikulum dilaksanakan setiap tahun pada semester genap yang bertujuan untuk melakukan peninjauan ulang dan pembaharuan isi mata kuliah yang relevan dengan mengembangkan masukan dari para dosen pembina mata kuliah.

Berikut ini merupakan tabel yang menunjukkan distribusi mata kuliah pada setiap semesternya yang dapat ditempuh oleh mahasiswa,

Semester 1

1 Pendidikan Agama Islam 2 sks
Pendidikan Agama Katolik
Pendidikan Agama Prostestan
Pendidikan Agama Budha
Pendidikan Agama Hindu
2 Pend. Pancasila 2 sks
3 Matematika Bisnis 3 sks
4 Pengantar Bisnis 3 sks
5 Akuntansi Dasar 2 sks
6 Praktika Akuntansi Dasar 1 sks
7 Ekonomika Mikro 3 sks
8 General English 2 sks
9 Praktikum Komputer Bisnis 2 sks

Semester 2

1 Ekonomika Makro 3 sks
2 Manajemen 3 sks
3 Komunikasi Bisnis 3 sks
4 Praktika Komunikasi Bisnis 1 sks
5 Bahasa Indonesia 2 sks
6 Hukum Bisnis 2 sks
7 Pend. Kewarganegaraan 2 sks
8 Statistika Bisnis 3 sks
9 Praktika Statistika Bisnis 1 sks

Semester 3

1 Manajemen SDM 3 sks
2 Manajemen Operasional 3 sks
3 Manajemen Pemasaran 3 sks
4 Manajemen Keuangan 3 sks
5 Praktika Manajemen Keuangan 1 sks
6 Praktika Manajemen Perkantoran 1 sks
7 Teknik Perdagangan Internasional 2 sks
8 Praktika Export dan Import 1 sks
9 Akuntansi Biaya 2 sks
10 Praktika Akuntansi Biaya 1 sks
11 Academic English 2 sks

Semester 4

1 Manajemen Perbankan dan Pasar Modal 3 sks
2 Praktikum Manaj. Perbankan dan Pasar Modal 1 sks
3 Sistem Informasi Manajemen 3 sks
4 Anggaran Perusahaan 3 sks
5 Japanese for Business I 2 sks
6 Etika Bisnis 3 sks
7 Akuntansi Manajemen 3 sks
8 Kewirausahaan I 3 sks
9 Praktika Kewirausahaan I 1 sks

Semester 5

1 Metode Observasi dan Laporan 3 sks
2 Manajemen Mutu 2 sks
3 Praktika Manajemen Mutu 1 sks
4 Manajemen Penjualan & Retail 2 sks
5 Praktika Manajemen Penjualan & Retail 1 sks
6 Kewirausahaan II 3 sks
7 Praktika Kewirausahaan II 1 sks
8 MICE 3 sks
9 Praktika MICE 1 sks
10 Praktikum E-Commerce 1 sks
11 Japanese for Business II 2 sks
12 English Proficiency Certification 2 sks

Semester 6

1 Perpajakan 3 sks
2 Praktika Perpajakan 1 sks
3 Laporan Tugas Akhir 4 sks

Profil lulusan Manajemen D3 adalah lulusan ahli madya yang profesional dalam bidang manajemen perusahaan untuk suatu entitas bisnis dan kewirausahaan yang cocok untuk mahasiswa yang berminat dalam memulai dan mengelola usaha inovatif yang didukung dengan kemampuan bekerjasama dan berkomunikasi secara efektif. Prodi manajemen perusahaan D3 memiliki bidang kajian berupa konsentrasi Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Kewirausahaan. Mahasiswa diarahkan untuk memahami manajemen perusahaan melalui kuliah umum ataupun kuliah kerja lapangan ke beberapa perusahaan disamping perkuliahan regular sehingga mahasiswa dapat memahami aplikasi dengan teori yang sudah didapat di bangku kuliah. Beberapa aplikasi dari topik manajemen perusahaan dan kewirausahaan setiap semesternya selalu diberikan pada kuliah umum. Disamping itu, kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa akan menentukan bidang kajian apa yang diminati oleh mahasiswa sebagai bahan untuk penyusunan tugas akhir. Sedangkan untuk bidang kajian kewirausahaan dilakukan pada saat mahasiswa mengambil mata kuliah kewirausahaan dan praktikumnya selama satu semester sehingga pada penyusunan tugas akhir mahasiswa dapat menyusun laporan yang berkaitan dengan kegiatan kewirausahaan yang dilakukannya.