Home » Profil

Profil

 

Sekilas Pandang

Program Studi Manajemen Diploma 3 (tiga) merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Fakultas Bisnis dan Manajemen yang berada di lingkungan Universitas Widyatama. Program Studi Manajemen Diploma 3 (tiga) melandaskan visi, misi, sasaran, dan tujuannya dengan mengembangkan nilai-nilai DJITU++ yaitu disiplin, jujur, inovatif, tekun, dan ulet, ditambah rasa memiliki dan keterbukaan serta perbaikan terus-menerus yang dikembangkan untuk mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajarannya. Melalui moto friendly campus for future business pro, mahasiswa dapat belajar dengan lingkungan akademik yang kondusif sehingga mampu mengembangkan kompetensinya dalam melakukan proses bisnis. Program Studi Manajemen Diploma 3 (tiga) berkomitmen menghasilkan lulusan ahli madya yang profesional dibidang manajemen perusahaan sehingga dapat bersaing di dunia kerja. Komitmen ini ditunjukkan melalui penerapan kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) berupa mata kuliah pengembangan kepribadian, mata kuliah keahlian dan keterampilan, mata kuliah keahlian berkarya, mata kuliah perilaku berkarya, dan mata kuliah berkehidupan bermasyarakat. Kurikulum yang disusun ini selain mempertimbangkan capaian kompetensi juga jenjang tingkat matakuliah serta ketepatan kelulusan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat lebih seksama pada peta kurikulum Program Studi Manajemen Diploma 3 (tiga) yang dapat diakses di website ini. Capaian pembelajaran yang diharapkan adalah lulusan yang memiliki profil lulusan Program Studi Manajemen Diploma 3 (tiga) Universitas Widyatama adalah individu yang siap untuk menjadi profesional di bidang manajemen dan bisnis dan juga mampu berwirausaha yang memiliki soft skill disertai dengan multicultural awareness. Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Manajemen Diploma 3 (tiga) juga membekali diri dengan staf dosen yang memiliki kompetensi dibidang keahliannya, menyediakan bahan kuliah dan modul-modul praktikum yang up to date serta pembimbingan dan asistensi terhadap mahasiswa dalam upaya pemahaman dan pendalaman materi. Disamping itu melalui career center Program Studi Manajemen Diploma 3 (tiga) telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan dalam melaksanakan kegiatan magang maupun informasi lowongan pekerjaan, sehingga masa tunggu lulusan hanya selama 2 (dua) bulan. Melalui kerjasama ini diharapkan akan memperkokoh positioning dimata stakeholder. Oleh karena itu, komitmen kami dalam menghasilkan lulusan dapat dilihat dari profil lulusan Program Studi Manajemen Diploma 3 (tiga) yang telah bekerja di berbagai jenis perusahaan, baik pemerintahan maupun swasta serta berwirausaha pada bisnis jasa ataupun dagang. Kami ucapkan terima kasih bagi orang tua yang telah menjadi bagian dari keluarga besar Program Studi Manajemen Diploma 3 (tiga).

 

Sejarah Pendirian

Universitas Widyatama yang dikelola oleh Yayasan Widyatama, pada awalnya bernama Institut Akuntansi Bandung (IAB) dengan Program Studi Strata 1 (satu) (S1) Akuntansi yang didirikan pada tahun 1973. Berkat landasan yang kuat dan visi yang jelas, lembaga ini terus berkembang, sehingga pada tahun 1979 berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) dengan membuka dua jurusan, yaitu Jurusan Akuntansi (S1) dan Jurusan Manajemen (S1). Untuk melengkapi jenjang yang ada, pada tahun 1995 Yayasan Widyatama membuka program studi yang baru, di antaranya Program Diploma 3 untuk Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Pada tahun 2001 dibentuklah Universitas Widyatama yang terdiri dari 5 (lima) Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis & Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, dan Fakultas Desain Komunikasi Visual. Untuk Program Studi Manajemen D3 sendiri berada pada Fakultas Bisnis dan Manajemen yang memiliki visi yaitu untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional (ahli madya) dibidang Manajemen Perusahaan, dan dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam lingkungan global.

 

Sejarah Kepengurusan

Universitas Widyatama yang dikelola oleh Yayasan Widyatama. Yayasan Widyatama semula bernama Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Akuntansi Bandung (YPPAB) yang didirikan di Bandung pada tanggal 3 Januari 1973 atas prakarsa ibu Dra. Koesbandijah Abdoel Kadir, Ak. Yayasan ini mengelola Institut Akuntansi Bandung (IAB) dengan Program Studi Strata Satu (S1) Akuntansi. Tahun 1979 IAB berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) dengan membuka dua jurusan, yaitu Jurusan Akuntansi (S1) dan Jurusan Manajemen (S1). Mengikuti perkembangan kebutuhan serta perkembangan Yayasan sendiri, berdasarkan akta notaris Lien Tanudirdja, SH tanggal 3 Januari 1993, nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Widyatama. Yayasan ini mengelola bidang ekonomi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung-STIEB), teknik (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung-Widyatama), bahasa (Sekolah Tinggi Bahasa Bandung-Widyatama), desain komunikasi visual (Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual-Widyatama) dan Program MM Widyatama, serta Program Profesi Akuntansi (PPA). Selain itu Yayasan Widyatama juga mengelola Lembaga Pengembangan dan Aplikasi Ilmu Pengetahuan (LPAP) yang memberikan pelayanan kepada peserta didik dan pihak lain yang memerlukan dalam mengembangkan ilmu dan mengaplikasikannya ditengah-tengah masyarakat. Keempat sekolah tinggi, dan program MM mulai 1 Agustus 2001 telah berubah statusnya menjadi Universitas Widyatama yang terletak di Jl Cikutra No. 204 A Bandung, dengan luas kampus lebih kurang 50.000 m2. Pendirian Universitas Widyatama tersebut sesuai dengan misi Yayasan yaitu membantu Pemerintah Republik Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara menyelanggarakan lembaga pendidikan yang mengembangkan berbagai disiplin ilmu. Aktifitas pendidikan yang diselenggarakan lembaga pendidikan di atas bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat (berbasis kompetensi), mampu beradaptasi dengan lingkungan kerjanya nanti serta dapat mengikuti perkembangan kemajuan dalam suasana global. Dalam rangka mengantisipasi perkembangan lingkungan akan kebutuhan lulusan yang memiliki keahlian dan profesionalisme tinggi, berdasarkan Surat Keputusan Senat Universitas Widyatama No. 001/SK/SENAT/UTAMA/III/2004 dilakukan pemekaran Fakultas Ekonomi menjadi:

 

Visi

Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional (ahli madya) dibidang manajemen perusahaan dan dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam lingkungan global.

 

Misi

  • Menyelenggarakan program pendidikan Ahli Madya Manajemen, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penelitian yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan dibidang manajemen yang kreatif dan inovatif.
  • Mengupayakan keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis program pendidikan dalam rangka pembentukan manusia berbudi luhur.
  • Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri agar proses pembelajaran selalu mutakhir.

 

Tujuan

Program Studi Manajemen D3 mengacu pada sasaran mutu Universitas, yaitu:

  • Sekurang-kurangnya 75% mahasiswa lulus tepat waktu (<= 7 semester) dengan prestasi yang memuaskan (IPK >= 2,75).
  • Sekurang-kurangnya 75% lulusan memiliki nilai?EPT minimal 450.
  • Sekurang-kurangnya 75% lulusan menguasai aplikasi komputer di bidang Bisnis dan Manajemen dengan nilai minimal B.

 

Kebijakan Strategis

Dalam usaha mencapai sasaran mutu seperti yang telah dsebutkan di atas, maka Program Studi Manajemen D3 telah mengembangkan strategi pencapaian yang terdiri dari:

Sasaran Mutu Akademik Indikator Strategi Pencapaian Rentang Waktu
Meningkatkan kualitas lulusan dan percepatan waktu studi IPK 2,75 dan lulus tepat waktu (<= 7 semester)
  • Meningkatkan peranan dosen pembimbing akademik untuk pembimbingan akademik dan memotivasi mahasiswa untuk lulus tepat waktu.
  • Mengadakan program kuliah semester pendek.
  • Mengembangkan student centered learning.
  • Memonitor perkuliahan
  • Merevisi Kurikulum
  • Setiap tahun diadakan semester pendek
  • Setiap semester dosen wali melakukan konsultasi dan bimbingan akademik minimal 3 kali.
  • BAA dan Prodi setiap 1 minggu melaporkan kehadiran dosen
  • Setiap awal semester Genap dilakukan evaluasi kurikulum, dan secara global dilakukan evaluasi 5 tahun sekali
Meningkatkan relevansi bidang kerja lulusan dan daya saing lulusan 100% bekerja di bidang manajemen dan bisnis
  • Meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa melalui kegiatan akademik dan magang kerja perusahaan, dan pelatihan-pelatihan.
  • Menyelenggarakan studi ekskursi ke industri-industri bagi mahasiswa.
  • Mengadakan kuliah umum untuk peningkatan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sivitas akademika oleh alumni atau praktisi dari luar.
  • Menyertakan upaya peningkatan kemampuan dan penguasaan aplikasi komputer ke dalam kurikulum dengan perolehan nilai akhir minimal B
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para lulusan
  • Kegiatan magang, kuliah umum, dan kunjungan industri dilakukan setiap semester.
  • Setiap semester minimal 1 kali diadakan kuliah umum
  • Pada setiap semester Ganjil (Semester I) diadakan mata kuliah Lab. Komputer Bisnis
  • Setiap mahasiswa wajib menempuh 6 sks mata kuliah Bahasa Inggris
  • Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan nilai EPT > 450 sebelum sidang TA
Mengurangi waktu tunggu lulusan < 6 bulan setelah wisuda, para lulusan mendapatkan pekerjaan
  • Bekerja sama dengan Biro Marketing Universitas Widyatama untuk memberikan informasi lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidang Manajemen dan Bisnis
  • Meningkatkan frekuensi in campus recruitment tenaga kerja.
  • Menjalin komunikasi dengan alumni berkaitan dengan informasi lowongan pekerjaan.
  • Menjalin komunikasi dengan industri tentang kesempatan pekerjaan yang sesuai kualifikasi lulusan
  • Setiap tahun mengadakan Job Expo
  • Setiap tahun mengadakan in campus recruitment
Meningkatkan kualitas dosen

 

 

 

 

 

 

100% dosen berpendidikan S2 dan bersertifikat profesi

 

  • Pelatihan teknik mengajar bagi para dosen (student center learning)
  • Mendorong dan memfasilitasi agar melanjutkan S3
  • Mendukung dan memfasilitasi dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Membantu dosen untuk berpartisipasi dalam kegiatan seminar nasional maupun internasional dalam rangka mempresentasikan hasil penelitiannya.
  • Memfasilitasi publikasi hasil penelitian dosen di jurnal nasional maupun internasional.
  • Menugaskan dosen menulis bahan ajar, diktat, dan buku ajar.
  • Memfasilitasi dosen untuk meningkatkan jabatan fungsional akademik
  • Memfasilitasi dosen untuk memperoleh sertifikasi dosen
  • Setiap semester disosialisasi ketersediaan beasiswa dari berbagai pihak.
  • Setiap tahun para dosen diberi kesempatan menyajikan paper di seminar internasional maupun nasional dengan dibiayai oleh lembaga (sponsorship, apresiasi)
HE Institution /Industrial Networking Peningkatan kerjasama Akademik (Student Exchange & Twinning Program/dual program, research collaborations, community services)
  • Membuat MOU dengan universitas baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
  • Mengadakan kerjasama dengan industri baik pemerintah maupun swasta.
Setiap tahun dijajaki kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dan luar negeri