Kuliah umum Human Resource in Industry 4.0

Kuliah umum Human Resource in Industry 4.0: Opportunity, Challenge, and Achievement

Revolusi industri 4.0 merupakan realita yang saat ini harus dihadapi dan menjadi perhatian bagi semua pihak karena dapat menjadi peluang ataupun ancaman bagi yang tidak siap memghadapinya. Program Studi Manajemen D-III, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Widyatama dalam hal ini melalui program kerjanya menunjukan perhatiannya dalam membantu mahasiswa dan civitas akademika untuk mampu menghadapi tantangan yang disajikan oleh industri 4.0 melalui kegiatan Kuliah Umum bertema Human Resource in Industry 4.0: Opportunity, Challenge, and Achievement yang akan diselenggrakan pada hari Selasa, 19 Maret 2019.

Mengapa tema Human Resource in Industry 4.0: Opportunity, Challenge, and Achievement yang diangkat dalam Kuliah Umum mendatang Menurut Klaus Schwab, Founder dan Executive Chairman of the World Economic Forum dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution, Revolusi Industri 4.0? ini ditandai dengan kemunculan super komputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak. Hal ini yang berpotensi dunia mengalami hal yang sama seperti ketika revolusi industri pertama melahirkan sejarah tenaga manusia dan hewan digantikan oleh kemunculan mesin, dimana peran manusia tergantikan oleh fungsi mesin. Oleh karena itu manusia dalam hal ini mahasiswa yang akan menghadapi dunia kerja perlu dipersiapkan akan peluang (opportunity), tantangan (challenge), dan pencapaian (achievement) yang ada di industry 4.0.

Kuliah umum Human Resource in Industry 4.0Kuliah umum yang akan di selenggarakan Gedung Serba Guna Universitas Widyatama ini memperoleh kesempatan yang sangat berharga karena menghadirkan nara sumber yang sangat berpengalaman di bidang Sumber Daya Manusia yaitu Herdy R. Harman. Pria kelahiran Bandung 28 Juni 1963 ini merupakan salah satu nahkoda di BUMN terbesar di Indonesia yaitu PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM), Tbk. Direktur Human Capital Management PT TELKOM ini akan memaparkan peluang (opportunity) apa saja yang dapat ditangkap dan tantangan (challenge) apa saja yang mungkin hadir di industri 4.0. Pria yang pernah meraih Best Chief Human Capital Officer Telkom Group pada tahun 2016 ini juga akan memaparkan berbagai pengalamannya dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) dan strategi yang jitu untuk menjadikan kita sebagai SDM yang sukses dan mampu meraih prestasi (achievement).

Kuliah umum yang bekerjasama antara Prodi Manajemen D-III dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Widyatama ini diharapkan dapat menjadi suatu pioneer dalam membangkitkan semangat mahasiswa bahwa mahasiswa mampu untuk menjawab segala tantangan yang ditawarkan oleh Revolusi Industri 4.0.