Acara Pengabdian kepada Masyarakat Prodi. Manajemen D3 dan S1 Bekerjasama dengan CDC Telkom dan Universitas Widyatama

Acara Pengabdian kepada Masyarakat Prodi. Manajemen D3 dan S1 Bekerjasama dengan CDC Telkom dan Universitas Widyatama

Pada hari Selasa, tgl. 8 Oktober 2019, Prodi. Manajemen D3 dan S1 bekerjasama dengan CDC Telkom dan Universitas Widyatama mengadakan acara Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), dengan tema acara atau kegiatan Pelatihan e-Commerce,Keuangan, Marketing dan Sumber Daya Manusia Bagi Binaan CDC Telkom, yang bertempat di Jalan. Dr. Hatta No. 20 Cipaganti Bawah Bandung.

Dalam acara tersebut diikuti kurang lebih sebanyak 25 UMKM Binaan CDC Telkom. Pelatihan ini merupakan cikal bakal kerja sama yang akan terjalin antara Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama dengan CDC Telkom Divre III Jawa Barat serta dengan Universitas Telkom. Sebanyak 25 UMKM tersebut bergerak diberbagai bidang usaha antara lain kuliner seperti mie lidi, minuman yoghurt, pie serta pisang lapis, ada juga yang bergerak dibidang fashion seperti baju muslim, tas bahkan alat music. Secara garis besar permasalahan yang dihadapi adalah kekurangan modal serta kesulitan didalam memasarkan produk yang ada. Pelatihan diadakan untuk memberikan gambaran kepada para pelaku UMKM untuk mulai menertibkan keuangan mereka melalui laporan keuangan sederhana yang akan diberikan pelatihannya, hal ini juga untuk membantu mereka didalam penyusunan bahan sebagai pertimbangan jika disuatu hari nanti usaha yang dijalankan membutuhkan tambahan modal yang akan didapatkan melalui pinjaman perbankan.

Pelatihan keuangan yang diberikan oleh Dosen Universitas Widyatama yang diwakili oleh ibu Dr. Dede Hertina, S.E., M.Si (Dosen Manajemen S1), ibu Neneng Susanti, S.M.B., M.M., (Dosen Manajemen D3) dan Bapak John Henry Wijaya S.E., M.M. (Dosen Manajemen S1 dan juga sebagai Sekretaris Program Studi Manajemen D3) meliputi antara lain, buku besar, laporan laba rugi, neraca, klasifikasi biaya. Meskipun dosen yang ditugaskan merupakan dosen keuangan, tetapi juga diberikan gambaran nyata untuk pengembangan produk yang dihasilkan baik secara produksi, pengemasan, penjualan.